Minggu, 08 Januari 2012

Around the World


Kegiatan Literacy Week  Th Ajaran 2011-2012  yang diselenggarakan  5 - 8 Desember 2011 ini, mengusung tema “Around the World”. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan siswa-siswi SCB TTD terhadap kebahasaan, melalui kegiatan menulis, membaca, berbicara, dan mendengar. Tema besar “Around the World” tersebut kemudian dibagi ke dalam tema-tema kegiatan. 
Tema hari pertama adalah Local Performance Indonesia, di mana seluruh kelas belajar tentang bahasa yang ada di Indonesia melalui kegiatan pementasan. Pada tema kegiatan ini, siswa kelas satu menampilkan fashion show dan presentasi baju daerah Jawa Tengah. Sedangkan siswa kelas lima berkolaborasi dengan siswa TK Golden Kids untuk mempelajari tari.
Tema hari kedua adalah Asian Handycraft, di mana seluruh siswa mempelajari bahasa melalui kerajinan tangan yang ada pada beberapa budaya di negara-negara Asia. Melalui kegiatan melipat angpao, yaitu amplop yang berisikan uang sebagai hadiah yang ada pada budaya masyarakat Cina, siswa TK-A mempelajari kosakata baru dalam bahasa Mandarin. Jika siswa TK-A belajar bahasa Mandarin dengan melipat angpao, siswa TK-B pun tak ingin ketinggalan. Siswa TK-B belajar bahasa Mandarin melalui kegiatan menganyam kertas berwarna pelangi. Sedangkan siswa kelas dua mengundang siswa TK PKK VII Duren Sewu untuk dapat belajar bersama bahasa Korea melalui lagu Gom Se Mari (Tiga Beruang). Melalui lagu ini, para siswa mengenal beberapa kosakata baru dalam bahasa Korea, seperti: gom (beruang), se (tiga), appa (papa), omma (mama), ae-gi (bayi), dan lain sebagainya. Kegiatan kolaborasi ini ditutup dengan kegiatan membuat kipas bulat ala Korea.
Tema hari ketiga adalah Western Fairytale. Pada tema ini, setiap kelas dibebaskan untuk memilih kegiatan yang bervariasi agar dapat mempelajari bahasa melalui cerita-cerita dongeng di negara-negara barat. Siswa kelas empat yang menggemari drama merancang sebuah pertunjukan drama tentang Pinnochio dengan versi yang berbeda. Sedangkan pada hari ketiga ini, giliran siswa kelas tiga mengajak siswa TK Ceria untuk belajar bahasa melalui gerak dan lagu yang diangkat dari cerita dongeng.
Hari keempat merupakan puncak rangkaian kegiatan Literacy Week, yang diisi dengan kegiatan gallery walk, lomba cerdas cermat, dan bazaar buku. Kegiatan gallery walk merupakan suatu kesempatan bagi siswa SCB TTD untuk mempresentasikan hasil belajar bahasa yang telah mereka lakukan di hari-hari sebelumnya kepada para undangan yang hadir, diantaranya: wali murid, wali dan siswa sekolah lain, dan siswa SCB TTD itu sendiri. Saat matahari semakin tinggi, meski lelah, para siswa SCB TTD dengan tekun dan sabar berinteraksi dengan para pengunjung yang mendatangi pos-pos kegiatan di tiap kelas. Lelah mereka pun terbayar saat melihat komentar positif dari pengunjung.
Kegiatan dilanjutkan dengan lomba cerdas cermat yang diikuti oleh lima kelompok yang masing-masing terdiri dari perwakilan dari tiap kelas. Cerdas cermat ini menggunakan Bahasa Inggris yang terdiri dari empat babak. Siswa KB-A dan KB-B pun turut berpartisipasi. Mereka tampil menyanyikan masing-masing satu lagu untuk menghibur peserta dan penonton lomba cerdas cermat. Kecil-kecil cabe rawit, ya? Walau masih kecil, tapi sudah berani tampil. Pada babak akhir, kelompok yang dipimpin oleh Devi (kelas 5) keluar sebagai pemenang. Rasanya kurang lengkap jika belajar tentang kebahasaan tanpa buku. Maka untuk melengkapinya, siswa SCB TTD berpartisipasi dalam bazaar buku yang bekerjasama dengan Toko Buku Ceria Pasuruan.
Bahasa ada di setiap budaya. Bahasa menyentuh setiap kehidupan manusia. Melalui bahasa, kita memahami dunia. Sampai bertemu di Literacy Week selanjutnya! J
( By Elda)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar