Minggu, 02 Mei 2010

Mari Bicara.....

Suatu ketika, saat saya sedang berjalan menyusuri jalanan di kota kecil Pandaan, tanpa sengaja saya melihat tulisan inspiratif tersebut pada T-shirt seseorang di depan saya. Tiba-tiba terbersit dalam pikiran saya, rasanya frase tersebut sangat cocok dengan tema ke-empat yang akan dipelajari oleh murid-murid saya, siswa kelas 2. SD Citra Berkat -Taman Dayu. Pada tema ini, siswa akan melakukan eksplorasi akan difokuskan pada hal-hal berikut:

1. Peran dan tanggung jawab masing-masing anggota keluarga.

2. Dampak musyawarah bagi keluarga.

3. Bentuk-bentuk komunikasi dalam keluarga.

Dengan eksplorasi yang dilakukan, diharapkan siswa kelas 2 dapat menerapkan hasil belajar yang antara lain:

1. Menyelesaikan masalah dalam keluarga dengan jalan musyawarah.

2. Menganalisa peran dan tanggung jawab masing-masing anggota keluarga.

3. Menemukan suatu bentuk komunikasi yang paling sesuai dengan kondisi dalam keluarga masing-masing.

Setelah mendapatkan pemahaman yang cukup dalam tentang musyawarah, para siswa akan merancang dan merumuskan satu bentuk komunikasi yang paling sesuai untuk diterapkan dalam keluarga. mereka masing-masing. Hal ini sangat penting mengingat kondisi dan situasi satu keluarga berbeda dengan yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar